DIBUKA PROGRAM FOKUS UN & PROG. SUPER INTENSIF SBMPTN 2015, JAMINAN LULUS UN & MASUK PTN (UANG KEMBALI 100% JIKA TIDAK MASUK PTN), KINI BIMBEL FLC HADIR DI Jl. RAYA KEMLAGI & Jl. RAYA DAWAR (DEPAN SMAN 1 DAWAR)

Senin, 10 September 2012

Tips Belajar Efektif & Efisien Menjelang Ujian


Walaupun di benci, ujian akhir dan tes sangat berpengaruh pada hasil nilai rapor nanti. Pertanyaannya, adalah bagaimana caranya agar ujian nanti tidak gagal. Tips di bawah ini akan membantu kamu-kamu dalam menghadapi test atau ujian akhir. Yang penting, bukan working harder, tapi studying smarter.
1. Persingkat Catatan Pelajaran

Agar ujian bisa sukses, kunci pertama adalah cara kita mencatat pelajaran dari guru. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang dan bertele-tele. Sebaliknya, kita harus belajar hanya mencatat pokok-pokok kunci dari materi yang diberikan guru. Karena mencatat dan menulis tidak mungkin dilakukan pada saat yang sama, pada saat guru berhenti sebentar ketika mengajar, langsung buat pokok-pokok materi di buku atau kertas. Malamnya, sediakan waktu 5 menit setiap hari untuk membaca ulang catatan pokok-pokok pelajaran. Dijamin, kamu tidak akan terkantuk-kantuk membacanya. Mengerti Seluruh Materi Ujian Sehari sebelum ujian dimulai, langsung tanya guru materi apa saja yang kamu masih tidak begitu paham. Mungkin proses kimia, pembuatan matriks atau beda novel dan cerber. Apapun. Tanyakan segera. Dengan cara ini, kamu secara psikologis sudah siap mental karena meskipun belum terhapalkan, secara konsep , tidak ada materi yang belum dipahami.
  2. Pilih Waktu Belajar Yang Tepat




Paling bagus kalau belajar pas badan masih segar, Waktu paling oke adalah sebelum makan malam atau beberapa jam sesudahnya. Selain proses belajar bakal lebih cepat, kita juga nggak perlu belajar sampai tengah malam.




 3. Bentuk Kelompok Belajar

Kedengarannya kuno? Jangan salah, karena metode ini tetap efektif lho. Caranya, kumpulin aja 4-5 orang teman dalam satu kelompok. Terus, bagi rata materi yang bakal ditanyain dalam tes ke tiap orang. Setiap anggota harus mempelajari materi yang sudah dipilih sampai paham, dan mengajarkan ulang ke anggota yang lainnya. Dengan cara ini, dijamin lo nggak bakal ngantuk deh. Tapi, pilih anggota kelompok belajar yang memang punya misi yang sama ya!


4. Pilih Tempat Belajar Yang Tenang

   Belajar dengan konsentrasi akan memudahkan kita untuk memahami materi, belajar tidak perlu terburu - buru, santai aja, oke !!!








5. Pelajari Materi Yang Masih Belum Dipahami


Jangan buang-buang waktu lo dengan mempelajari item yang udah lumayan dikuasai. Ganti dengan memilih materi yang masih belum dimengerti dan pelajari terus sampai akhirnya lo bisa membuat konsep dengan bahasa lo sendiri.



6. Jangan Lupa Istirahat


Tiap 1 jam belajar, coba deh buat rileks, stretching atau jalan-jalan sebentar. Abis itu, balik lagi ke buku. Jangan begadang, dan jangan panik.  Just do your best, Anak Trax. Kalau lo udah coba tips di atas, sebenarnya lo udah memperbesar peluang untuk mencapai skor yang bagus lho. Good Luck yaa.. =) .

1 Comment:

  1. belajar disini sangat menyenangkan, tidak terburu-terburu, penyampaian materi sangat jelas dan mudah di pahami. terimakasih FLC :)

    BalasHapus

Sedikit komentar anda, sangat berarti bagi saya