DIBUKA PROGRAM FOKUS UN & PROG. SUPER INTENSIF SBMPTN 2015, JAMINAN LULUS UN & MASUK PTN (UANG KEMBALI 100% JIKA TIDAK MASUK PTN), KINI BIMBEL FLC HADIR DI Jl. RAYA KEMLAGI & Jl. RAYA DAWAR (DEPAN SMAN 1 DAWAR)

Sabtu, 12 April 2014

TEMUKAN GAYA BELAJAR KAMU


Setiap orang pasti punya gaya belajar sendiri-sendiri. Ada yang kudu sambil dengerin music (asal volumenya jangan keras-keras, nanti dikira ada konser dan malah menggangu tetangga sebelah), ada yang sambil ngemil (asalkan jangan Cuma makananya saja yang masuk ya guys … he … he),

 ada yang biasanya belajar dikeheningan malam, atau dini hari setelah tidur terlebih dahulu. Apapun caranya, kapanpun waktunya, yang terpenting adalah sesuai dengan mood dan kondisi kalian, nyamankan dan lakukan dengan teratur. Dan segera temukan pola belajar kalian. Syukur kalau kalian sudah menemukan dan melakukan pola belajar kalian jauh-jauh hari sebelum kelas XII, sekarang ini. Tinggal terusin tuh …. Ingat! Belajar tidak bias dengan cara yang SKS, alias system kebut semalam. 


Sebegai contoh, besok ujian atau tes dan hari ini, sehari semalem ngebut belajar. Besoknya saat ujian malah tepar. Belajar itu harus dijadikan rutinitas. Misalnya, setiap harinya kalian sudah belajar di sekolah dari jam 07.00 sampai 13.00. pulang dari sekoalah lah, ada baiknya langsung kerumah untuk istirahat sekitar 1 – 2 jam untuk tidur siang (yang tidak biasa punya ritual tidur siang, ya yang penting istirahat dulu). Tidur siang ini bukan karena bermalas-malasan, tetapi mengandung maksut yang baik. Karena setelah istirahat, badan akan terasa lebih segar dan otak kita akan lebih mudah diajak konsentrasi sehingga akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari atau soal-soal latihan yang dikerjakan. Tips ini juga bisa dilakukan saat malam atau dini hari setelah tidut terlebih dahulu, bangun sekitar jam 3 pagi lalu belajar. Wuih …. Lagi segar banget lho … bias juga sekalian ibadah, bagi yang muslim bisa kalian sholat tahajud, dan ibadah yang lain untuk agama yang lain. Ingat! Selain usaha, berdoa lebih penting.

Usahakan waktu belajar yang kalian lakukan tidak terganggu oleh aktivitas lain, misalkan pada sore hari ketika kalian sedang dalam kondisi on fire untuk belajar, nah ….pada waktu yang bersamaan itu juga kalian ada acara main sepak bola sama teman-teman komplek. Sekedar saran, mending prioritaskan terlebih dahulu yang penting, tidak harus tidak bermain lagi karena bermain juga bisa untuk nge-refresh hati dan pikiran, tapi kurangi waktu bermain demi impian kalian.